Rabu, 01 Juni 2011

Borobudur, Sebuah Karya Nan Agung

Oleh: Nicholas Putra Prima

detik_DSC05273jpg-
Puncak tertinggi Candi Borobudur
susilowandono.blogspot.com/ Di hari Minggu (10/10/2010) yang cerah, saya dan Desi berkesempatan mengunjungi Candi Borobudur yang namanya terkenal hingga penjuru dunia itu. Arti nama Borobudur yaitu "biara di perbukitan", yang berasal dari kata "bara" (candi atau biara) dan "beduhur" (perbukitan atau tempat tinggi) dalam bahasa Sansekerta. Karena itu, sesuai dengan arti nama Borobudur, maka tempat ini sejak dahulu digunakan sebagai tempat ibadat penganut Buddha. Candi Borobudur ini letaknya berada di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari Yogyakarta. Candi ini sejak tahun 1991 telah ditetapkan sebagai World Heritage Site atau Warisan Dunia oleh UNESCO.


Kami membayar tiket masuk yang seharga Rp. 30.000, harga ini sudah termasuk tiket masuk dan transportasi gratis ke Candi Ratu Boko sehingga lebih hemat sekian ribu rupiah. Sebelum menaiki candi, saya dan Desi beserta Mas Bowo, pemandu kami, menyewa sepeda untuk berkeliling areal seputaran candi. Setelah puas berkeliling, barulah kami naik ke Candi Borobudur. Baru saja naik beberapa anak tangga, kami dibuat heran dengan kedatangan ambulance ke areal candi. Wah, rupanya ada remaja yang terjatuh dari tepi candi dikarenakan asyik berfoto di pinggiran candi dengan memegang stupa yang tidak kuat. Alhasil si remaja pria itu jatuh ke bawah beserta stupa tersebut, tapi untungnya si remaja tidak apa-apa, hanya kesakitan saja dan lalu kemudian ditandu ke dalam ambulance. Sementara stupa itu menjadi rusak karena jatuh. Entah apa yang terjadi dengan si remaja, apakah terkena denda atau tuntutan hukum karena merusak bagian candi.


Setelah itu petualangan di Candi Borobudur kami lanjutkan kembali dengan langsung menuju bagian atas candi yang pemandangannya sangat indah. Kita dapat melihat pemandangan bukit-bukit nan hijau dan pegunungan. Tentu saja kami tak melewatkan momen ini dengan foto-foto sejenak untuk membagikannya kepada pembaca detikcom. Semoga pembaca sekalian dapat pula mengunjunginya di lain waktu ya.


Salam Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar